Keris Nogososro

Posted: Monday, February 20, 2006 by admin in Labels:
11

Keris Nogososro
Konon keris ini dibuat saat Majapahit (era pemerintahan Brawijaya IV, 1466 – 1478 M), terancam oleh issue pemberontakan Blambangan. Info ini didapat dari intelijen bahwa Adipati Blambangan akan mengadakan pemberontakan. Sang Prabu langsung mengeluarkan “inprab” (instruksi prabu … () yg isinya agar para Empu menyiapkan berbagai senjata guna menghadapi Blambangan. Seorang Empu bernama Pangeran Sedayu berhasil menyelesaikan sebilah keris berlekuk 13, yg kelak terkenal dengan sebutan keris Kanjeng Kyai Nogososro. Menurut kepercayaan yang ada, akhirnya Majapahit berhasil meredam berbagai bencana dari segala penjuru. Blambangan ditahlukkan. Pangeran Sedayu, bergelar Empu Supo Mandrangi.

Pesan moralnya kira2 adalah, sebilah keris tidak terlahir begitu saja, tetapi ada misi atau sesuatu yang melatarbelakanginya. Ini kata pengarang bukunya lho!
Hmmm… bener juga sih!
Tetapi di dunia modern ini, kadang ter-balik2. Ingat pepatah “supply creates it’s demand”? Ada barang dulu, baru ada kebutuhan…?

11 comments:

  1. Anonymous says:

    best regards, nice info here

  1. Teman saya memiliki keris nogo sosro tidak bisa berdiri, tidak ada warangka, dan gagang. hanya berupa besi yang di bungkus mori. kemarin mau dibeli 2,5 M karena pembeli bawa aparat jadi pembelian gagal. sekarang dijual lagi 3 M jika berminat (1) pembeli harus bawa uang 3 M untuk mahar, jika barang tidak cocok maka uang 3 M boleh dibawa pulang lagi oleh pembeli (2) biaya transport ditanggung pembeli atau transportasi disediakan pembeli (3) keris ada di semarang, pemiliknya pak warno ada di magelang. jika serius hubungi Pak Hira nomor HP 085867457778. (4) bawa bodyguard boleh tetapi kalau aparat tidak boleh (5) pembeli harus serius, jika tidak serius bisa dicelakai oleh keris tersebut.

  1. bagindo says:

    Semoga pemerintah cepat tanggap karena perlu tanggap darurat ya, misalnya dengan memperbanyak usulan ke UNESCO agar diakuri sebagai warusan budaya dunia seperti halnya batik keris dan angklung. Biar tidak diklaim sama negara tetangga lagi :) Namun jangan lupa juga agar generasi muda Indonesia turut menjaga dan memelihara kebudayaan nasional kita

  1. Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat.
    Perkenalkan nama saya Muhammad Ikhsan, selaku Pemilik dan Pengelola dari website Keris.Biz.
    Website Keris.Biz merupakan salah satu website penyedia benda seni seperti keris, badik, pedang katana/samurai, benda antik dan bertuah serta benda-benda seni yang bernilai sejarah tinggi dan sangat langka. Beberapa koleksi tersebut saya dapatkan dengan berburu dari dalam dan bahkan luar negeri. Bagi Anda yang serius ingin memiliki dan merawatnya, beberapa dari koleksi tersebut saya maharkan. Silahkan lihat koleksi saya disini :
    www.Keris.Biz - Gallery Keris, Pedang, Katana, Badik, antik, bertuah dan langka

  1. Anonymous says:

    Saya punya pusaka keris kyai jangkung,keris kidang kencana,keris pandawa 5 n keris nagawelang.
    bisa dites di tempat anda n diuji coba tdk masalah.
    100% pusaka asli n nyata.
    hub
    -mister_riush90@yahoo.com
    -elixsukoco@yahoo.co.id

  1. faridt says:

    saya punya keris nogososro... dibeli tahun 2009 dr padeparman... keris bisa berdiri dan punya byk misteri.. bisa menenteramkan sesiapa didalam rumah serta dijauhi pencuri... sesiapa yg ingin membelinya bolehlah emelkan di mdfaridt0412@yahoo.com

  1. Anonymous says:

    HARAP SEDULUR SEDOYO BERHATI-HATI TERHADAP ORANG YANG PUNYA EMAIL SUKOCORUDI@YAHOO.CO.ID atau ELIXSUKOCO@YAHOO.CO.ID
    DIA PENIPU, NGOMONGE AREP NULUNG MALAH MENTUNG
    BILANG MAU BANTU KESUSAHAN ORANG MALAH MENAMBAH DERITA ORANG

    WASPADALAH… WASPADALAH… WASPADALAH ......

  1. sebetulnya saya mempunyai warisan dari orang tua saya,berupa keris lama katanya keris nogo sosro luk lima,pembuatnya ki empu supo madrani saya tinggal di panceng sidayu gresik jatim,kata orang tua ia tinggalan kakek, ada wrangkanya hitam kayak kayu setigi peksinya udah ngak ada, sisiknya timbul,sampai sekarang masih saya pegang buat pegangan turun temurun kata orang tua saya. muda2han dapat melestarikan budaya yg kita ada sekarang. (petilasan empu supo madrangi wonten surowiti panceng)

  1. Mil says:

    Saya mempunyai keris Nogosoro,ada dlm FB saya Jamil Saadon,,siapa berminat hubongi saya...,0175400827

  1. Mil says:

    Saya mempunyai keris Nogosoro,ada dlm FB saya Jamil Saadon,,siapa berminat hubongi saya...,0175400827

  1. Pribadi says:

    Saya punya keris nogososro Luk 13
    bagi yang berminta silahkan liat link berikut
    http://galeriseni.tokobagus.com/